Demo Site

Sunday, April 8, 2012

MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN ANAK

Agar anak bisa tumbuh secara optimal diperlukan lingkungan yang subur. Orang tua dan guru memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan itu guna merangsang segenap potensi anak.

"Suasana penuh kasih sayang, mau menerima anak sebagaimana adanya, menghargai potensi anak secara kognitif, afektif, dan psikomotorik merupakan jawaban nyata bagi tumbuhnya generasi unggul dimasa datang," ujar Dr. Seto Mulyadi saat tampil pada seminar mini Mempersiapkan Anak Cerdas dengan Tumbuh Kembang yang Optimal diselenggarakan RS Harapan Kita di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta, Sabtu (26/2) lalu.

Menurut pakar, 60 - 70 persen kecerdasan anak diturunkan secara genetik. Sedangkan 30 - 40 persen sisanya merupakan pengaruh lingkungan, antara lain seperti stimulan, makanan dan pendidikan. Sementara menurut Dr. Iramaswaty Kamarul, Sp.A, peranan AA dan DHA dalam kecerdasan anak sangat diperlukan. Hal itu bisa ditemukan dalam ASI.

Lokakarya Child Health Foundation merekomendasikan agar bayi yang memperoleh ASI harus memperoleh susu formula yang mengandung 0,35 persen AA dan 0,2 persen DHA. Berbagai cara telah ditempuh untuk mendapatkan AA-DHA dalam susu formula, yaitu dengan menambahkan sumber microbiologic (ganggang laut), minyak ikan (solomon), telur, dan minyak nabati.

0 comments:

Post a Comment